Visi dan Misi

Visi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2016 –  2021 dengan memperhatikan tugas pokok dan fungsi serta harapan-harapan (impian) yang ingin dicapai oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman dengan rumusan visi sebagai berikut :

TERWUJUDNYA PARIWISATA YANG RAMAH LINGKUNGAN DAN PEMBINAAN PEMUDA, OLAHRAGA YANG KREATIF, CERDAS SERTA BERPRESTASI

Visi tersebut memiliki  kata kunci sebagai berikut :

Pokok Visi Penjelasan Visi
Pariwisata Yang Ramah Lingkungan Suatu kegiatan berbasis lingkungan/ecotourism yang dilaksanakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Padang Pariaman.
Pembinaan Pemuda Yang Kreatif, Cerdas dan Berprestasi.

 

Suatu kegiatan pembinaan terhadap pemuda yang dapat meningkatkan keterampilan, wawasan dan memiliki kemampuan berorganisasi.
Pembinaan Olahraga Yang Kreatif, Cerdas dan Berprestasi.

 

Suatu kegiatan pembinaan terhadap olahraga yang dapat menghasilkan pelaku olahraga  berprestasi serta pengembangan sarana prasarana olahraga yang representatif.

 

Untuk mewujudkan visi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman ditetapkan misi yang merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan oleh instansi pemerintah sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan, misi juga merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan sesuai dengan tugas fungsi dalam rangka mewujudkan visi SKPD, misi yang telah ditetapkan adalah :

  1. Mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan memiliki daya saing serta menjadikan Kab. Padang Pariaman sebagai daerah tujuan wisata yang berbasis ecotourism.
  2. Mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif
  3. Meningkatkan sumber daya manusia serta meningkatkan kreatifitas pemuda yang berkualitas dan berprestasi.
  4. Meningkatkan kegiatan keolahragaan dan pengembangan sarana prasarana olahraga dalam ragka mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.