MINANG FASHION FESTIVAL 2019 merupakan salah satu ajang yang bergengsi yang melibatkan putra-putri daerah yang berbakat desain kreatif di 19 Kota/Kabupaten se-Sumatera Barat. ada beberapa kategori desain yang dilombakan dalam MINANG FASHION FESTIVAL 2019 kali ini, seperti Lomba Desain Batik dan Desain Asesoris.

Kabupten Padang Pariaman pada ajang ini di wakili oleh 2 Pemuda asli daerah dengan 2 kategori, yaitu: Kategori Desain Batik Minang oleh Johnnedi berasal dari Padang Baru,Nagari Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman dengan membawa 3 Desain Batik dengan motif( Motif Salingka Piaman, Motif Buah Manggis dan Lapek Barajuik/Lapek Kampuang Aro) dan Desain Asesoris oleh Sumarli Eka Putra berasal dari Kayutanam,Kabupaten Padang Pariaman dengan membawa 3 Desain Asesoris dengan nama ( Dandang Sekawan, Galang Daun, dan Dukuah Siriah Gadang ).

Desain Asesoris yang berpilih adalah Desain Dandang Sekawan yang meraih“Juara III ” pada kategori Lomba Asesoris Minang Modifikasi yang dirancang oleh Sumarli Eka Putra, yang merupakan perhiasan mempelai wanita(anak daro) dalam bentuk kalung. bentuk kalung ini seperti tanduk, berarti puncak naungan: satu kesatuan masyarakat Minangkabau yang memiliki pucuk pimpinan adat. kemudaian berbagai macam bentuk kepingan,ini menggambarkan kehidupan masyarakat berpadu dalam naungan Saiyo Sakato dan kepingan ini juga melambangkan kemegahan Minangkabau.

                                                 ( Foto saat penilaian Desain Asesoris)

Desain Batik yang terpilih adalah Motif Salingka Piaman yang meraih “Juara Harapan I” pada kategori Lomba desain motif batik minang. Motif Salingka Piaman yang dirancang oleh Jhonnedi ini menggambarkan hasil kekayaan alam Kabupaten Padang Pariaman, seperti: siriah yang menggambarkan tanda putih hati dan bermakna ucapan selamat datang di Kabupaten Padang Pariaman. Pohon kelapa dan buah kelapa menggambarkan hasil alam dan rangkiang yang memperlihatkan bahwa Kabupaten Padang Pariaman juga penghasil beras di Provinsi Sumatera Barat.

(Foto saat penilaian desain motif batik)

 

(Foto bersama dengan pemenang lainnya)

 

(Foto saat pemberian Piala)

 

(Foto saat grand Launching Batik Padang Piaman oleh Bpk.Bupati Padang Pariaman pada acara 17 Agustus 2019 Kemaren).

 

(Foto saat grand Launching “Batik Kakao Desain YUS RUSKY PELAMINAN” di Kantor Bupati Padang Pariaman pada acara 17 Agustus 2019 Kemaren).

Sekian dulu cuplikan dari Uniangadmin mengenai Lomba Minang Fashion Festival tahun 2019 yang diselenggarakan di Kyriad Hotel BumiMinang.Terima kasih dunsanak semuanya,silakan ikuti uniangadmin pada info selanjutnya,dan Wasalam.